Tuesday 15 January 2013

7 Gadget Unik yang Lahir dari Si Mungil Raspberry Pi

Jakarta - Mereka yang suka mengoprek komputer, pasti sudah tak asing dengan Raspberry Pi. Ya, ini merupakan komputer mungil yang juga dihargai cukup murah, cuma USD 35 alias Rp 300 ribuan.

Namun siapa sangka, dari komputer yang berbentuk sedikit lebih besar dari KTP tersebut, bisa terlahir inovasi-inovasi unik.

Penemuan ini memang bukan teknologi super canggih, tetapi jika melihat sisi kreativitasnya tentu sesuatu yang besar.

Apa saja inovasi yang dimaksud? Berikut hasil karya 'besar' yang berasal dari komputer mini si Raspberry Pi.


Raspberry Pi.

1. Mesin Kopi Otomatis

Sedikit melongok ke belakang, Raspberry Pi pertama kali dirilis pada Februari 2012. Kini pembuatnya -- Raspberry Foundation -- mengklaim tak lama lagi penjualan komputer mungil tersebut akan menembuas angka 1 juta unit.

Ada pula versi lebih murah dari Raspberry Pi, yakni yang seharga USD 25. Pun demikian, ia tetap bisa diotak-atik gadget freak untuk melahirkan suatu inovasi menarik.

Seperti yang dilakukan oleh seorang developer asal Jerman Sascha Wolter. Bersama beberapa rekannya, ia berhasil meretas mesin kopi Nespresso untuk kemudian dihubungkan dengan Raspberry Pi.

Hasil oprekan mereka adalah, menciptakan mesin pembuat kopi yang bisa diperintah melalui ponsel. Jadi jika ingin membuat kopi, tinggal 'angkat ponsel'.

Eits, tapi bukan untuk memesan ke gerai kopi loh ya. Maksudnya, tinggal memerintahkan si mesin kopi yang sudah diopreknya tersebut.


2. Kacamata Komputer

Raspberry Pi merupakan komputer yang bisa bekerja layaknya desktop seperti membuat dokumen, mengolah data dengan spreadsheet, menonton film, bermain game, dan tentu saja coding.

Dengan memanfaatkan teknologi SoC (system on chip), Raspberry Pi berjalan di atas arsitektur ARM11 -- seperti yang dapat ditemui pada iPhone 3G maupun smartphone lain -- dan dilengkapi dengan videocore 4 GPU yang mampu memutar video dengan kualitas BluRay.

Tak pelak, ada yang menyebut Raspberry Pi sebagai sebuah komputer substansial karena melihat komponen-komponen yang ada.

Nah, di tangan penggiat TI yang satu ini, Raspberry pun disulap menjadi gadget unik. Tampilan gadget tersebut memang tak sekeren kacamata pintar Google. Namun kemampuannya yang pasti tak kalah canggih.

Disebut sebagai Wearable Computer Glasses, perangkat ini telah menjadi jawara di ajang Jarred Glickstein award.

Dengan modal cukup murah, cuma USD 382, wearable Computer Glasses sukses menyulap kacamata menjadi monitor. Dilengkapi dengan keyboard dan mouse, jadilah gadget tersebut layaknya komputer dengan form factor futuristik.

3. Mesin Game Arcade

Banyak orang yang dilaporkan menggunakan Raspberry Pi untuk menjalankan game arcade jadul.

Namun bagi Darren J dan rekannya, keasyikan ngegame adalah dengan membangun mesin video game arcade cabinet lengkap.

Cara untuk mengoperasikan mesin game ini pun tetap menggunakan gaya old school, yakni membutuhkan koin dan sudah dilengkapi dengan tombol-tombol dan joystick ala mesin ding-dong.

Berikut ada gambar mesin game arcade cabinet besutan Darren J cs yang sudah diisi dengan game vintage 'Track and Field'.

Mesin game tersebut saat ini tengah menanti untuk dikomersialkan, setelah ikut dalam proyek penggalangan dana Kickstarter.

4. Mesin Game Mini

Berbeda dengan mesin game besutan Darren J, hacker bernama Spritesmods ini membuat mesin game yang tak kalah unik. Terlebih dari segi ukurannya.

Sama-sama mengusung gaya arcade cabinet, namun apa yang dibuat Spritesmods berukuran jauh lebih kecil. Bahkan terbilang mini sehingga disebut sebagai handheld arcade cabinet yang menggunakan kemampuan Raspberry Pi.

Spritemods mengklaim mesin game mini besutannya bisa menjalankan game-game jadul. Meskipun ukuran layarnya cuma 2,4 inch. Lihat saja ukurannya, tak berbeda jauh dari korek api.


5. Carputer

Perangkat yang bisa dikembangkan dengan Raspberry Pi bisa bermacam-macam. Termasuk untuk membuat aksesoris yang bisa melengkapi kecanggihan kendaraan.

Seperti yang dilakukan oleh seseorang dengan sebutan Bruschetta 78. Ia membuat touchpad komputer sebagai navigasi sistem multimedia.

Perangkat ini diklaim bisa membuat mobil lama jadi memiliki sistem infotainment ciamik dan terhubung dengan sistem stereo.

Berikut demonya.




 

6. Mengangkasa dengan Balon Udara

Ada lagi perangkat unik yang bisa diciptakan dari Raspberry Pi. Inilah balon udara high-altitude besutan Dave Akerman dan rekannya.

Sekilas balon udara ini seperti produk biasa. Namun meski berdesain, ia sudah dilengkapi dengan GPS, kamera, serta peralatan sensor

Adapun kemampuannya adalah sebagai pemantau cuaca. Produk berjuluk 'Raspberry Pi In The Sky' ini dioperasikan dengan cara mengirimnya ke atmosfer untuk mengambil foto dari angkasa, serta merekam kondisi cuaca.

Dan setelah beberapa saat, ia akan kembali jatuh ke bumi. Selanjutnya, Dave dan para rekannya harus mengejar balon udara yang jatuh itu secara manual, menggunakan mobil. Ya, inilah petualangannya, seperti storm chaser (pemburu badai) yang biasa ditemui di Amerika Serikat.

"Mereka menyebut hobi (pengejaran) ini sebagai HABing," pungkas Business Insider.


 

7. BeetBox

Melihat tampilannya pasti banyak yang mengira ini seperti pot tumbuhan. Namun itu salah besar! Ini adalah Beet Box, instrumen musik bergaya sayuran.

Produk buatan Scott Garner ini memang memiliki desain nyeleneh. Tetapi itu justru menambah keunikan yang dihadirkannya.

Dengan mengandalkan Raspberry Pi, sensor sentuh, audio amplifier, dan box kayu handmade, Garner sukses menciptakan instrumen musik unik bernama BeetBox.

Sesuai namanya, suara yang dihasilkan dari perangkat ini adalah letupan beat drum beatbox yang kini tengah digemari.
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment