Thursday 14 March 2013

Hitachi Ropits: Mobil Robot dengan Sistem Transportasi Canggih


Hitachi Ropits: Mobil Robot dengan Sistem Transportasi Canggih
Anda pernah menonton film Knight Rider yang populer di tahun 1980-an, mobil yang bisa melaju tanpa pengemudi dan bisa menangkap penjahat? Yak, barangkali terinspirasi oleh film Knight Rider, hari ini di Jepang Hitachi memperkenalkan sebuah mobil robot dengan sistem transportasi canggih bernama Ropits.

Tidak jauh beda dengan mobil fantasi di film Knight Rider, Ropits juga mampu mengemudikan dirinya sendiri. Sistem kemudi Ropits dilengkapi dengan GPS untuk menemukan jalan dan bergantung pada kamera serta sensor laser 2D dan 3D untuk menghindari rintangan, termasuk pejalan kaki dan melambat di jalur sempit. Tidak hanya didukung GPS dan sensor laser, Ropits juga didukung sensor gyro yang membantu mobil tetap tegak meski pada permukaan tidak rata.

Mobil Ropits menggunakan baterai litium ion dan mampu melaju dengan kecepatan sekitar 6 km/jam. Tidak secepat mobil fantasi dalam film Knight Rider memang, sebab Ropits lebih diperuntukkan bagi para lansia, termasuk mereka yang sulit berjalan. Ropits memiliki satu kursi dan untuk mengoperasikannya penumpang cukup menentukan tujuannya melalui tablet layar sentuh yang terpasang di dalamnya. Dan keadaan darurat, penumpang bisa mengambil alih kemudi dengan menggunakan joystick yang berada di kokpit.

Hitachi berencana mengungkap lebih detil teknologi yang digunakan pada Ropits pada sebuah ajang Japan Society of Mechanical Engineers Conference on Robotics and Mechatronics yang digelar di Jepang pada bulan Mei 2013. Nah, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang teknologi yang digunakan pada Ropits, maka pantau terus perkembangan beritanya melalui Gopego.


0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment