Thursday 14 March 2013

Prosesor Mobile Tercepat di Dunia Adalah Tegra 4, Bukan Snapdragon 800


 Prosesor Mobile Tercepat di Dunia Adalah Tegra 4, Bukan Snapdragon 800

Sejumlah tes benchmark yang diselenggarakan bulan Februari lalu mengungkapkan bahwa prosesor mobile generasi terbaru dari NVIDIA adalah prosesor yang benar-benar tangguh. Tegra 4 yang menurut NVIDIA adalah upgrade 6 kali lipat lebih cepat daripada Tegra 3 ternyata mampu menghasilkan performa yang 4 kali lebih cepat ketika digunakan di dalam perangkat-perangkat model lama. Lebih hebat lagi, sebuah laporan terbaru mengabarkan bahwa Tegra 4 bahkan jauh lebih cepat daripada Snapdragon 800 buatan Qualcomm.
Kevin Krewell dari The Linley Group mengungkapkan bahwa Tegra 4 adalah prosesor berbasis ARM dengan performa terbaik yang ada saat ini, selama masalah tenaga asupan listrik tidak menghambat performa keempat core yang digunakan. Analis tersebut menekankan bahwa mengingat kedua prosesor tersebut masih belum dirilis, apa yang dia kemukakan masih berdasarkan pada hasil benchmark, detil-detil yang diumumkan, serta perkiraan terbaru.
NVIDIA menawarkan sejumlah hasil benchmark yang beragam untuk menunjukkan bahwa Tegra 4 jauh lebih unggul daripada APQ8064 dan juga Snapdragon 800 (*khusus Snapdragon 800, masih berdasar perkiraan),” kata Krewell. “Berdasarkan perkiraan tersebut, bahkan prosesor terbaik dari Qualcomm (yang dijadwalkan bakal memasuki tahap produksi bersamaan dengan Tegra 4), tetap tidak akan mampu mengungguli Tegra 4 dalam tes-tes yang dilakukan.”
Sekalipun NVIDIA mencatat kemenangan dari sisi kecepatan, namun Qualcomm juga punya keunggulan di sisi lain. Krewell menjelaskan bahwa Qualcomm menekankan keunggulan desain prosesor terbaru mereka pada hal efisiensi tenaga, dan hal ini berbanding terbalik dengan ideologi NVIDIA yang lebih berkutat pada menghasilkan performa maksimal, namun dengan konsumsi tenaga yang maksimal pula.
Snapdragon akan memberikan tantangan bagi Tegra 4 untuk kategori smartphone, tapi untuk kategori tablet, Tegra 4 akan bersinar terang.”
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment