Tuesday 12 March 2013

Teknologi Printer 3D untuk Menambal Kerusakan Tengkorak

 
Teknologi Printer 3D untuk Menambal Kerusakan Tengkorak

Teknologi printer 3D cukup mendapat tempat di berbagai pemberitaan sejak tahun lalu. Sejumlah penelitian telah mampu menjadikan hasil cetak dengan printer 3D untuk membantu beberapa kejadian luar biasa, seperti menciptakan bagian tulang manusia yang rusak. Yang terbaru, perusahaan riset Oxford Performance Materials (OPM) mengumumkan bahwa printer 3D bisa dipakai secara nyata untuk membantu pasien yang mengalami kerusakan tulang tengkorak.

Kerusakan pada tulang tengkorak secara umum terjadi pada korban kecelakaan akibat benturan dengan benda keras. Setelah tim dokter membawa pasien ke dalam kondisi stabil dan menjalani CT scan, tim OPM akan mengambil data dari CT scan tersebut untuk menciptakan file CAD siap cetak. Sebelum dicetak para ahli bedah akan berkoordinasi dan memberikan persetujuan pada file CAD tersebut dan akhirnya bisa dicetak menggunakan printer laser 3D.

Meski terdengar sederhana tetapi metode baru di dunia medis tersebut membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan dan perlu biaya besar. Dikatakan oleh tim OPM bahwa pembuatan tengkorak implan membutuhkan dana mulai $8.000 hingga $15.000. Meski demikian angka itu tergolong murah karena mampu menyingkat waktu operasi yang berarti memangkas biaya operasi dan mengurangi resiko komplikasi.

Selain itu tim OPM juga membawa teknologi baru cetak tengkorak ini dalam aksi sosial. Sejumlah pasien boleh mendaftar untuk mendapatkan tengkorak gratis dan telah dilakukan di sejumlah negara Eropa. Selanjutnya aksi sosial OPM akan dilakukan di Mexico. OPM menargetkan bisa membantu 100 hingga 150 orang setiap tahun melalui teknologi printer 3D untuk pemasangan tengkorak ini
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment