Wednesday 5 December 2012

Ilmuwan MIT Pamerkan Prototype Robot Cikal Bakal 'Transformers'

Ilmuwan MIT Pamerkan Prototype Robot Cikal Bakal 'Transformers'
Melihat judul di atas kemudian mencocokkan dengan foto di bawahnya, maka Anda mungkin bingung dimana letak hubungan antara robot Transformers dengan sekumpulan aksesoris dari besi tersebut. Sekalipun tidak tampak meyakinkan, susunan ring besi dan sejumlah motor mungil itu merupakan robot mini dengan potensi rancangan tak terbatas.
Dijuluki sebagai milli-motein, nama untuk perangkat mungil tersebut merupakan gabungan untuk indikasi dari besar ukurannya (mm), serta desain motor yang terinspirasi dari susunan protein. Kenapa protein? Karena susunan protein memiliki elastisitas yang mendasari berbagai macam bentuk rumit dari seluruh makhluk hidup. Dengan prototype ini, maka robot yang bisa berubah bentuk menjadi apa saja seperti layaknya Transformers bukan tidak mungkin menjadi kenyataan, bukan?
Untuk saat ini, robot ini hanya sebatas mampu melakukan lipatan dalam bentuk yang sederhana saja. Perintah yang dimasukkan dalam robot juga mengikuti prinsip kode DNA untuk segala macam bentuk secara universal: lurus memanjang, dilipat ke kiri, dan dilipat ke kanan.
Robot ini telah dipresentasikan dalam konferensi Intelligent Robots and Systems 2012. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini:


v
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment