Monday 19 November 2012

Gadget-Gadget Unik Bertenaga Pedal

Gadget-Gadget Unik Bertenaga Pedal
Anda masih ingat dengan film kartun The Flinstones yang didalamnya terdapat desain mobil yang bergerak dengan menggunakan kaki dari para penumpangnya? Well, jika melihat cukup maraknya pemadaman listrik dan juga tema krisis energi yang cukup sering dibahas pada akhir-akhir ini, maka peralatan-peralatan berikut ini mungkin akan bisa memberikan solusi simpel dan menyenangkan untuk masalah tersebut:
1. GiraDora: mesin cuci bertenaga pedal

Dalam rangka mengikuti sebuah tantangan dari program Design Matters di Art Center College of Design, 2 orang mahasiswa desain yaitu Alex Cabunoc dan Ji A You mengunjungi Cerro Verde, sebuah pemukiman miskin di luar kota Lima, Peru untuk menghasilkan sebuah inovasi bagi masyarakat di pemukiman tersebut. Salah satu ide yang muncul dari kunjungan tersebut adalah GiraDora: mesin cuci bertenaga pedal.
Mesin cuci sederhana ini hanya terdiri dari sebuah ember biru yang dilengkapi dengan mekanisme sederhana yang mampu mencuci sekaligus mengeringkan pakaian. Keunggulan dari mesin cuci ini adalah tekanan yang lebih kuat dalam proses pencucian, penggunaan air yang lebih sedikit, proses pencucian yang lebih cepat, serta mengurangi kemungkinan cedera/sakit di bagian punggung/pinggang serta lutut gara-gara terlalu lama berjongkok untuk mengucek pakaian.
2. Scubster: kapal selam mini bertenaga pedal

Kapal selam ini optimal untuk penggunaan dengan kedalaman maksimal 6 meter saja, sangat cocok untuk aktivitas menyelam di sungai, danau ataupun perairan dangkal lainnya. Anda juga masih harus menggunakan perlengkapan selam yang lengkap untuk mengoperasikannya, karena kapal selam ini masih belum dilengkapi dengan kubah oksigen.
3. Wire Lamborghini

Lamborgini yang terbuat dari kawat baja ini ini pertama kali dipamerkan di ajang Art Car Parade di kota Manchester pada tahun 2007. Perancangnya adalah Benedict radcliffe yang berprofesi sebagai pemahat serta Ben Wilson yang berprofesi sebagai desainer mobil bertenaga pedal. Bisa Anda lihat pada foto di atas bagaimana mobil ini mampu menarik perhatian seorang polisi lalu lintas, dan mungkin menilangnya karena terlalu pelan…
4. Pedal-powered school bus

Bus sekolah bertenaga pedal ini dibuat di Belanda oleh De Café Racer.
5. Foot-powered Kitchen Appliance

Perlengkapan dapur yang meliputi blender, coffee grinder serta sebuah ‘mesin dapur’ ini sayangnya masih sebatas konsep dari Christoph Thetard, seorang mahasiswa desain. Jika terealisasi, maka Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu di dapur karena memasak tentu akan lebih menyenangkan.
6. Pedal-powered Water Purifier

Sepeda roda 3 ini bukan merupakan hadiah untuk putra/putri Anda, tapi sebuah sepeda khusus yang dilengkapi dengan penyaring air mini, dimana tenaga untuk memfilter air akan didapat dari tiap kayuh dari kaki Anda.
Source
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment