Monday 19 November 2012

Imagination Technologies Umumkan PowerVR G6630, Klaim 60x Lebih Cepat Daripada GPU Saat Ini

Imagination Technologies Umumkan PowerVR G6630, Klaim 60x Lebih Cepat Daripada GPU Saat Ini
Imagination Technologies adalah sebuah perusahaan dengan spesialisasi merancang graphics processors (GPU). Mirip seperti ARM, perusahaan ini hanya sebatas merancang desain dari prosesor yang akan mereka produksi. Rancangan tersebut kemudian diproduksi via perusahaan lain, atau dilisensikan bagi perusahaan yang berminat.
Apple merupakan salah satu pelanggan Imagination Technologies, dan chipset untuk seluruh perangkat iOS dari Apple menggunakan GPU dari perusahaan ini.
Akhir minggu lalu, Imagination Technologies mengumumkan produk terbaru mereka yaitu PowerVR G6630 dan mengklaim bahwa GPU tersebut mampu beroperasi 60x lebih cepat daripada GPU yang ada pada saat ini! Lewat GPU terbaru ini, Imagination Technologies ingin menekankan peningkatan efisiensi energi yang signifikan.
6 buah core yang digunakan dalam GPU tersebut mampu ‘berpikir’ kapan harus menggunakan 2 buah core atau 4 buah core, tergantung dari konten yang ditampilkan di layar. G6630 juga mendapatkan dukungan untuk standar grafis terbaru, termasuk OpenGL ES 3.0/2.0/1.1, OpenGL 3.x/4.x, OpenCL 1.x, serta DirectX 10.
Imagination Technologies mengatakan bahwa proses produksi dari GPU ini bisa dimulai tahun depan. Namun mengingat pengalaman dari yang sudah-sudah, umumnya butuh waktu lebih lama untuk merealisasikan proses produksi dari sebuah produk prosesor yang baru saja dimungkinkan. Jadi, besar kemungkinan bahwa GPU ini baru akan hadir di berbagai perangkat mobile 2 tahun lagi.
Well, mengingat bahwa trend terbaru untuk perangkat flagship Android adalah layar display full HD 1080p, maka semoga saja proses produksi GPU ini bisa dimulai secepat mungkin. ;)
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment