Saturday 17 November 2012

Smartfren Andro – Watch, Play & Fast Internet


ponsel smartfren andro gingerbread

Akses internet semakin mudah & asyik dengan Smartfren Andro

Sebenarnya sudah cukup lama saya ingin menggunakan produk ponsel Android dari Smartfren, karena selain harga yang ditawarkan cukup menarik, produk smartphone android ini juga diusung oleh perusahaan penyedia jasa koneksi internet terbaik di Indonesia – PT Smartfren Telecom Tbk. Dengan telah diluncurkannya smartfren Andro baru-baru ini, saya merasa perlu untuk mereview kualitas hardware, fungsi atau pun desain yang dimilikinya, apakah dengan harganya yang terjangkau ini tetap memberikan kualitas terbaik dari sebuah hp ponsel android?.
Smartfren Andro – Hardware & Desain
Tampak dari muka, kesan pertama kali saya melihat ponsel android ini seperti layaknya melihat Samsung Galaxy Nexus S, yang membedakan hanyalah adanya logo Smartfren di bawah speaker, kemiripan ini bernilai sangat baik karena memberikan kesan mewah dan elegan pada hp android ini. Namun sayangnya, penampilan belakang tidak sebaik desain depan karena tampak biasa, tidak adanya tekstur pada permukaan bagian belakang membuat mereka yang belum terbiasa menggenggam smartphone dengan display 4 inchi, harus ekstra hati-hati karena terasa agak licin di tangan, mungkin penggunaan silicon case akan menyelesaikan masalah ini. Walaupun memiliki display dengan ukuran 4″ Smartfren Andro cukup tipis, dapat keluar masuk kantung jeans dengan lancar dan tidak menganjal sama sekali.
Smartfren Andro – Display & Speakers
Resolusi 480×800 pada layar sebesar 4″ terlihat cukup ok, namun sayangnya readibilty akan agak bermasalah bila berada di bawah sorotan matahari di siang hari, sensitifitas layar sentuh berfungsi sangat baik, gambar / video yang dihasilkan pun sangat memuaskan namun sayangnya tidak dilengkapi dengan perangkat speaker yang sepadan, yang bisa memproduksi komposisi efek bass & treble yang menarik.
Smartfren Andro – Software & Fitur
Android 2.3.6 pada Smartfren Andro cukup nyaman digunakan seperti layaknya pada HP android kelas atas, namun sayangnya masih terdapat ganguan, seperti aplikasi BeMe (aplikasi chat seperti iMessage/BBM/Whatsapp) yang terus-menerus muncul dan meminta aktivasi, walaupun sudah di force quit aplikasi BeMe ini akan sesekali muncul dan mengganggu pengguna, selain itu suara pada saat HP dinyalakan / dimatikan terdengar masih sangat monofonic & klasik, serta desain aplikasi-aplikasi pendukung bawaaan Smartfren tampak tidak sepadan dengan kualitas tampilan antar muka Android 2.3.6 yang keren.
Namun begitu, semua fitur yang tersedia pada ponsel smartfren android ini bisa berfungsi dengan baik, terlebih adanya fitur mobile Hotspot untuk berbagi konektifitas yang secara optimal bisa digunakan oleh 5 ( lima ) pengguna sekaligus.
Smartfren Andro – Perangkat Kamera
Sebuah kamera dengan sensor 3.5mpix pada bagian belakang yang dimiliki Smartfren Andro cukup memperkaya fitur yang dimiliki ponsel android ini, namun karena belum dilengkapi fitur autofocus serta setting konfigurasi untuk pengambilan gambar / video yang memadai, kamera ini belum bisa digunakan sebagai pengganti kamera digital anda karena kualitas gambar / video yang dihasilkan masih belum bisa optimal.
Smartfren Andro – Performa, konektiftas & daya tahan baterai
Prosesor Qualcomm 1 GHz yang terpasang pada hp smartfren Andro secara umum dapat melakukan tugasnya dengan baik, aktifitas keluar masuk aplikasi berlangsung cukup cepat, tombol terasa responsif, tidak ada lag/hang/lemot yang berarti, browsing dengan dolphin browser membuka 2-3 web besar dengan banyak gambar secara bersamaan yang dilakukan seraya mencari lokasi dengan google maps terasa cukup nyaman, koneksi internet dari smartfren juga cukup bisa diandalkan (dicoba di daerah Jakarta Selatan – Bekasi), walau memang terkadang pada beberapa area signal evdo menurun (digunakan pada mobil yang bergerak, di dalam mall, dan di apartemen lantai 20) hal tersebut masih sangat wajar melihat tidak ada jaringan celular yang sempurna sejauh ini, walau pun begitu aktivitas browsing, streaming, sms dan telpon yang dilakukan tidak mengalami gangguan berarti.
Daya tahan baterai masih masih dalam taraf yang wajar, cukup mendukung untuk aktifitas online seperti, streaming, browsing atau pun menelpon dalam 10 jam terus menerus.

Kesimpulan umum kualitas performa Smartfren Andro

Untuk harga sebesar Rp.1.483.900, ponsel Smarfren Andro merupakan yang terbaik dan ungggulan di kelasnya, sekalipun hanya bisa digunakan pada jaringan Smartfren tidak menjadi masalah karena paket internet yang ditawarkan Smartfren memang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan browsing, streaming atau pun sekedar bersosial network. Smarfren Andro sangat dapat berfungsi sebagai super portable wifi bagi anda yang berlangganan SmartFren Connex Premium (90rb/months) streaming sepuasnya.
Terlebih disediakan bonus Micro SD 4GB & paket data sebesar 1 gb setiap bulan selama 1 tahun penuh untuk pembelian Smartfren Andro, anda hanya cukup mengisi pulsa minimal sebesar 50.000 dan bonus paket data pun akan aktif tanpa mengurangi pulsa anda sedikit pun.
bonus paket data internet smartfren
Kelebihan :
Bentuknya yang Tipis
Harga sangat Terjangkau ( murah ) Rp.1.483.900 sudah termasuk PPn.
Display luas dengan resolusi tinggi 4 inchi 800×480
Konektifitas Cepat & stabil (jakarta – bekasi)
Ketahanan Baterai cukup baik
Mobile hotspot (WiFi Tethering)
Gratis 4GB micro SD
Semua fitur berfungsi dengan baik
Kekurangan :
Kamera 3.5mpix tanpa autofocus & brightness setting
Audio player tanpa equalizer
Aplikasi bawaan yang kurang begitu familiar bagi pengguna android
Aplikasi yang terkadang muncul menggangu aktifitas
Spesifikasi Ponsel Smartfren Andro:
- CDMA 2000 1xEVDO Rev A 800 Mhz
- Operating System: Android 2.3.6 Gingerbread / dapat diupgrade ke android 4.0
- Kecepatan data hingga 3.1 Mbps [ Download ]
- Prosesor Qualcomm MSM7627A, clocked at 1.0GHz
- 4.0″ IPS Display, WVGA 480×800 / 16.7 juta warna
- Dimensi keseluruhan 125.5 x 64 x 10.8 mm
- ROM 512 MB, RAM 512 MB
- RUIM
- Streaming audio & video
- Android Browser
- Kamera 3.2 Mpix
- Bluetooth v3.0 (A2DP)
- Baterai Li-ion 1630 mAh
- Micro USB interface port
- Slot MicroSD hingga 32 GB [Micro SDHC]
- 3.5mm headphone strereo
- Support windows XP, Vista, 7, Mac OS 10.5 & 10.6
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment