Sunday 18 November 2012

Mobil Tercepat di Dunia Tembus 1.609 Km/Jam

detail berita
F: Bloodhound SSC (inautonews)

LONDON – Mobil tercepat di dunia Bloodhound SSC dengan kecepatan mencapai 1.000 MPH atau 1.609 kilometer perjam, siap di uji di 2013 mendatang.

Tim pengembangan proyek ambisius asal Inggris ini akan menguji Bloodhound SSC di gurun Afrika Selatan, 2013 mendatang. Bila semua rencana berjalan lancar, maka mobil dengan roket ini akan memecahkan rekor sebelumnya yang mencatat waktu 763 mph (1228 km/jam).

“Indikasi yang ada tentang semua rencana pengujian ini, secara mendalam sangat baik,” jelas desainer dan ahli mesin Daniel Jubb, kepada Western Morning News, saat mengujinya di hanggar Royal Air Force.

Bloodhound SSC memiliki tenaga listrik hibrida. Roket menggunakan bahan bakar padat, yang merupakan karet sintetis dan mengubahnya menjadi aerosol dengan peroksida t dan katalis.

Bahan bakar sebenarnya ditembakkan ke roket oleh mesin Cosworth dari jenis mesin yang digunakan di mobil balap Formula One. Kemudian semua kekuatan dikombinasikan dengan daya dorong dari mesin jet seperti yang ada di pesawat tempur Typhoon.

Roket hibrida menghasilkan daya dorong 14.000 pounds atau setara dengan sekitar 40.000 tenaga kuda. Dorongan tambahan dari mesin jet tempur, membawa total daya mobil mencapai 135.000 tenaga kuda. Ini seribu kali lebih kuat dari mobil hybrid konvensional seperti Prius.

Bloodhound akan dikendarai oleh pilot Royal Air Force Andy Green, yang sudah memegang rekor kecepatan kendaraan darat saat ini ThrustSSC.
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment