Monday 19 November 2012

The Pan-STARRS Project: Kamera Digital Terbesar dan Tercanggih di Dunia

The Pan-STARRS Project: Kamera Digital Terbesar dan Tercanggih di Dunia
Sebesar dan secanggih apapun kamera digital yang Anda miliki tentu tidak akan bisa menandingi kamera digital yang dibangun di Manoa, University of Hawaii. Gigapixel kamera ini dikembangkan untuk sebuah proyek bernama Pan-STARRS yang bertujuan untuk mencari obyek di langit. Gigapixel kamera ini dipasang pada teleskop Pan STARRS-1 di Haleskala, Maui.
Seorang astronom, John Tonry, menjelaskan bahwa kamera digital ini adalah alat yang benar-benar besar, yang menjadikannya sebagai kamera digital terbesar dan tercanggih di dunia. Kamera digital ini memiliki kemampuan mengambil gambar dengan ukuran 38.000 x 38.000 pixel, 200 kali lebih besar daripada high-end kamera digital yang tersedia di pasaran. Selain itu kamera digital terbesar di dunia ini memiliki sensitifitas 10 juta kali lebih kuat dibanding dengan mata telanjang manusia untuk membantu mengamati bintang-bintang di langit.
Jika selama ini teleskop hanya mampu mengamati perkembangan di angkasa, dengan adanya teknologi kamera digital terbesar di dunia ini seorang pengamat dapat sekaligus mengambil gambar perkembangan di angkasa. Kamera ini juga dapat mempermudah pengamatan untuk meramalkan cuaca secara lebih baik. Nah, jika ingin mengetahui seperti apa kualitas gambar yang diambil dengan kamera terbesar dan tercanggih ini, nantikan perkembangan beritanya melalui Gopego.


0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment